Home » » Mengenal Lebih Dekat Mp3 Player

Mengenal Lebih Dekat Mp3 Player

Written By dwisu on Tuesday 7 May 2013 | 01:28

Mengenal Lebih Dekat Mp3 Player-Masih ingatkah jaman dulu ketika media penyimpanan audio masih berupa pita kaset? Untuk mengkoleksi 500 lagu anda paling nggak harus mempunyai 40 kaset.Kalau berbicara uang yang harus dikeluarkan tentu tidak sedikit namun karena suka ya mau bagaimana lagi.Untuk bisa menikmati musik diluar ruangan tidak bisa leluasa walupun saat itu sudah ada pemutar kaset portable semisal Walkman-nya SONY tetap saja ukurannya kurang nyaman untuk dibawa keman-mana dan kaset yang dibawa juga terbatas.
Namun itu dulu seiring berkembangnya teknologi saat ini anda tidak perlu repot lagi untuk bisa mengkoleksi musik kesukaan anda karena sekarang sudah ada piranti portable yang dapat memainkan file audio digital MP3 yaitu Pemutar audio digital MP3 atau yang biasa disebut dengan MP3 Player dan enaknya bentuknya juga makin simple dan modelnya beragam.

Mp3 Player

Diawali dengan ditemukannya format audio Mp3.Format ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Fraunhofer Institute kemudian dirilis pertama kali pada tahun 1995.Awalnya kurang mendapat sambutan yang memuaskan usaha pun terus dilakukan agar hasilnya memenuhi keinginan penggunanya dan diupayakan agar file Mp3 bisa dengan mudah ditransfer melalui internet.Kemudian pada tahun 1999 Napster membuka layanan berbagi file dari sinilah Mp3 mulai makin dikenal disusul kemudian munculnya Mp3 player yang dalam perkembangan menjadi populer diseluruh dunia.Mp3 player pertama dirilis pada tahun 1998 yaitu MPMan produksi korea selatan.Mp3 Player makin populer ketika Apple merilis iPod Mp3 player bahkan iPod nano merupakan Salah satu Mp3 player terbaik menurut ahli elektronika seperti CNET, PC Magazine, dan Consumer Reports.
Perlu anda ketahui dalam sebuah MP3 Player ada beberapa komponen yang sangat penting.Dua di antaranya adalah codec, firmware, serta converter. Converter tugasnya adalah mengonversi data digital menjadi analog atau sebaliknya mengonversi sinyal analog menjadi data digital yang terdiri dari bilangan satu dan nol saja.Sedangkan codec adalah sebuah algoritma yang digunakan untuk mengompresi maupun dekompresi file oleh converter itu sendiri.
Pada sebuah MP3 Player yang paling sederhana setidaknya terdapat satu converter, yaitu mengonversi data digital menjadi analog dengan sebuah codec serta sebuah software atau firmware yang mengaplikasikan codec pada converter. Player yang paling sederhana ini hanya mampu memainkan file dengan satu format saja yaitu MP3, tanpa dapat melakukan aplikasi lain. Sedangkan player yang mampu melakukan beberapa hal sekaligus. Misalnya merekam suara juga, maka di dalamnya terdapat tambahan converter yang bertugas untuk mengonversi sinyal analog menjadi digital. Bila player yang Anda miliki dapat memainkan lebih dari satu format itu tandanya player tersebut memiliki lebih dari satu codec.
Berdasarkan media penyimpanan filenya Mp3 player dibedakan menjadi 3 jenis yaitu Mp3 player yang menggunakan Hard drive sebagai penyimpanan filenya dan Mp3 player yang menggunakakna memori flash serta Mp3 player yang menggunakan hard drive sekaligus memori flash.Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tentu saja harganya.
Untuk bisa menikmati audio dari Mp3 Player tentu saja setelah anda membeli Mp3 Player anda harus mengisi/mentransfer file audio kedalam media penyimpann file misalnya lagu terlebih dahulu melalui sarana komputer.Dan umumnya setiap Mp3 Player sudah dilengkapi Port untuk transfer data/file seperti USB.
Bagian yang tak kalah pentingnya dari Mp3 Player adalah Baterai.Setiap player bervariasi umurnya/daya tahan baterainya namun umumnya menggunakan rechargeable Battery model Li-ion atau Li-po.Baterai jenis ini mampu bertahan hingga 15 jam dan dapat diisi ulang.
Meskipun fungsi utamanya memainkan file audio Mp3 namun umumnya Mp3 player sekarang menyediakan fitur tambahan seperti Radio Fm atau merekam suara.

Demikian informasi tentang Mengenal Lebih Dekat Mp3 Player Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam menentukan MP3 Plyer pilihan anda.Terima kasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.